Cara membuat surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba di rumah Sakit Bari Palembang

Surat Keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba biasanya di perlukan sebagai persyaratan untuk diterima bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi baik pemerintah ataupun swasta. Misalnya bagi calon pegawai negeri sipil yang sedang mengurus peningkatan status dari CPNS ke PNS, biasanya akan diminta surat keterangan sehat dan bebas narkoba ini.

Pada artikel kali ini, pembuatan surat keterangan sehat dan bebas narkoba ini, bertempat di salah satu rumah sakit pemerintah di provinsi sumatera selatan, yaitu rumah sakit Bari, Palembang. RS Bari ini sendiri merupakan rumah sakit pemerintah tipe B. 

Persyaratan membuat Surat keterangan Sehat

Untuk syarat, di RS bari ini, tidak ada yang khusus. Yang penting siapkan uang dan jaga kesehatan tubuh. Paling-paling siapkan saja KTP, karena biasanya untuk mengisi formulir pembuatan surat keterangan sehat.

Biaya Pembuatan surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba

Untuk biaya nya, tergantung di instansi mana Anda membuat surat keterangan sehat tsb. Kalau di puskesmas biasanya sekitar 10 – 20 ribu rupiah. Tapi kalau untuk buat surat bebas narkoba, memang harus ke rumah sakit, tidak bisa di puskesmas.

Tipe rumah sakit juga menentukan besar biayanya. Rumah sakit tipe A tentu menetapkan tarif yang lebih mahal dibanding rumah sakit tipe B. Karena biasaanya pemeriksaan kesehatan pada rumahsakit tipe A, lebih lengkap, bahkan ada rongsen nya juga. 

Sebagai perbandingan, biaya pembuatan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit M. Husein, Palembang, yang berstatus Rs. Tipe A, lebih kurang 500 rb rupiah. Adapun biaya di RS. Bari, yang bertipe B, untuk surat keterangan sehat = 85 ribu rupiah, untuk keterangan bebas narkoba Rp. 150.000, jadi total 235 ribu rupiah.

nota kwitansi buat surat keterangan sehat
kwitansi biaya pembuatan surat keterangan sehat
contoh kuitansi buat surat bebas narkoba di rs bari
Kwitansi pembuatan surat keterangan bebas narkoba

Jangan lupa periksa apakah nota yang kita terima sudah di stempel lunas atau belum. Minta di stempel apabila petugas belum atau kelupaan menstempel lunas pada nota tsb. Kalau tidak di stempel, nanti bisa-bisa dikatakan Anda belum bayar, padahal kenyataan nya sudah bayar.

Alur proses pembuatan surat keterangan sehat dan bebas narkoba di Rumah Sakit Bari, Palembang.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mendaftar ke bagian registrasi yang ada di lantai 1 RS Bari. Tidak perlu ambil nomor antrian, langsung saja ambil form nya, isi, lalu bayar sejumlah dana yang sudah di tetapkan pihak rumah sakit.

gambar cara daftar untuk  buat surat keterangan sehat dan bebas narkoba

Setelah bayar, naik ke lantai tiga (ruang medical check up), gedung G-10. Di ruang medical check up, tsb nanti Anda diminta bukti bayar mcu, terus isi formulir. Setelah itu, di cek tinggi badan dan berat badan, diukur tekanan darah. Tunggu sekitar 1 – 3 jam, surat keterangan sehatnya sudah jadi dan bisa di fotocopy untuk dilegalisir oleh pihak rumah sakit. 

gedung mcu rs bari palembang

Sembari menunggu surat keterangan sehat tsb selesai, Anda bisa pergi ke ruang pemeriksaan bebas narkoba di lantai 1. Setelah registrasi nanti di tuntun petugas, untuk ambil sampel  urin. Jangan risih, sebab pintu WC nya tidak boleh di tutup (diawasi oleh petugas). Kalo cewek, petugasnya cewek. Begitupun sebaliknya, kalau cowok petugas yang nagawasin pas kencing, ya cowok. Tunggu sekitar 1 – 3 jam untuk mendapatkan hasil tes nya.

foto tempat tes urin untuk surat keterangan bebas narkoba
tempat tes urin untuk surat keterangan bebas narkoba
Usahakan sudah datang di RS. Bari pagi-pagi hari supaya bisa selesai dalam 1 hari, apalagi untuk Anda yang datang dari luar kota. Demikianlah, informasi cara membuat surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba di rumah sakit bari, palembang. Mudah-mudahan bermanfaat.