Cara memperbaiki hasil print bergaris dengan Mudah

Sering mengalami hasil cetakan printer bergaris, kabur, tidak jelas, padahal tinta pada cartridge masih banyak? Saya pernah. Sering malah. Hehe. Tentu masalah pada hasil print ini sangat mengganggu apalagi jika dokumen yang dicetak bukan sembarang dokumen. Misalnya laporan kerja yang akan diberikan ke atasan, skripsi, atau dokumen penting lainnya. Nah, untuk membantu pembaca sekalian, kali ini kami akan berbagi tentang cara mengatasi hasil print bergaris.

Jangan terburu-buru mengganti dengan cartridge baru sebab biaya yang harus Anda tanggung lumayan menguras dompet. Contohnya untuk harga cartridge printer Canon ip2770, berkisar 220 – 230 ribuan rupiah. Untuk cartridge jenis printer lainnya, bisa mencapai harga 400 sampai 500-an ribu rupiah. 

Untuk dapat mengatasi hasil print bergaris, tanpa keluar duit, pahami dulu penyebab mengapa hasil print bergaris. Pada printer tipe inkjet (suntik), secara umum, penyebab garis pada hasil cetakan/ print tsb adalah karena penumpukan endapan tinta pada busa penyerap tinta (absorber) yang ada pada printer Canon. Akibat endapan tinta tsb, head printer kotor dan menghalangi tinta untuk keluar atau turun.  

cara memperbaiki hasil print bergaris gambar1

Biasanya, untuk menghilangkan masalah hasil print bergaris, kabur, dsb, kita gunakan fitur bawaan pada aplikasi printer canon seperti misalnya cleaning, deep cleaning, dan print head alignment. Namun bagaimana setelah berbagai fitur maintenance tsb sudah dilakukan tapi tetap permasalahan hasil print bergaris tidak hilang?
baca : cara memperbaiki cartridge printer canon tidak terdeteksi

Cara mengatasi hasil print bergaris

Cara selanjutnya yang bisa digunakan yaitu menggunakan cairan pembersih head pada cartridge supaya bekas tinta yang beku dan kering pada head, hilang. Jika Anda tidak mempunyai cairan pembersih head, ikuti tips berikut ;

cara memperbaiki hasil print bergaris gambar0


Rendam sebagian badan bawah cartridge pada air panas, dimana air panas tsb diletakkan pada piring datar. Cara ini berfungsi untuk mengeluarkan tinta yang mengendap pada printer head pada cartridge.  Endapan tinta inilah yang kadang menjadi penyebab hasil print-an kurang optimal. Cara tsb kadang berhasil kadang juga tidak. Namun ingat untuk berhati-hati jangan sampai air terlalu banyak hingga mengenai bagian chip pada cartridge sebab akan menyebabkan cartridge rusak. Setelah tidak ada lagi tinta yang keluar dari head cartridge, keringkan bagian head ini dengan tisu halus. Cukup tempelkan tisu dan jangan digosokkan ke head cartridge. 

Apabila cara-cara diatas sudah dilakukan namun hasil print belum juga membaik, apa boleh buat, Anda perlu menggantinya dengan cartridge baru. Belilah cartridge original supaya masa pemakaian cartridge relatif lebih lama.