Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online memang mempunyai keuntungan tersendiri dibandingkan harus membuatnya secara langsung karena Anda tidak perlu mengantri. Dimanapun Anda berada dan kapanpun, Anda dapat mendaftar BPJS kesehatan ini secara online, asalkan ada komputer dan koneksi internet. 

Layanan BPJS kesehatan mirip dengan asuransi kesehatan yang dikelola perusahaan asuransi swasta namun BPJS kesehatan memiliki beberapa keunggulan. Misalnya jumlah rumah sakit yang lebih banyak bahkan bisa di puskesmas dan tempat praktik dokter.

Untuk itu disini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online, sebagai berikut : 

1. Buka Website Resmi BPJS kesehatan.
cara mendaftar bpjs kesehatan online gambar2

Silahkan kunjungi website resmi BPJS disini. Selanjutnya Anda memilih menu Pendaftaran Online. Lalu Anda akan berada pada halaman yang berisi tentang peraturan dari BPJS Kesehatan yang nantinya akan menjadi panduan Anda. Setelah itu klik tombol Pendaftaran.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran
Cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini dibagi dalam dua tahap yaitu tahap dasar dimana tahapan ini berisikan tentang data-data tentang calon pengguna BPJS kesehatan mulai dari jenis pekerjaan, jenis kepesertaan dan juga nomor Kartu Keluarga. Anda juga dapat mendaftarkan anggota keluarga yang lain di bagian ini. 
cara mendaftar bpjs kesehatan online gambar12

Tahapan kedua adalah mengisi data pribadi sesuai dengan kartu identitas yang berlaku. Adapun rinciannya sebagai berikut :
  • Nomor registrasi. Nomor registrasi ini dapat digunakan untuk nomor pada kartu BPJS Kesehatan yang akan Anda miliki.
  • Nomor KTP. Nomor KTP (kartu tanda penduduk) ini sangat penting untuk mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online jadi KTP tsb. 
  • Nama lengkap. Nama lengkap harus diisi sesuai dengan nama yang tertera di KTP. Hal ini digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi jangan tulis nama panggilan saja.
  • Hubungan keluarga. Karena Anda dapat melakukan pendaftaran secara rombongan maka Anda dapat memilih salah satu dari berbagai pilihan tentang hubungan keluarga ini. 
  • NPWP. NPWP diisi jika Anda memang memiliki NPWP. Tetapi jika Anda tidak memiliki NPWP maka tidak perlu diisi.
  • Kewarganegaraan. Kewarganegaraan WNI dan WNA akan berbeda penanganan dan juga tarif pembayaran BPJS Kesehatan. . Kelas yang dipilih
  • Hal ini yang paling utama dalam pendaftaran BPJS Kesehatan. Anda dapat memilih salah satu dari 3 kelas yang tersedia. Mulai dari Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3 dimana harga iuran setiap bulannya juga berbeda dari masing-masing Kelas.

3. Menyimpan data
Data yang telah diisi tersebut, jangan lupa disimpan  sebagai arsip karena mungkin saja diperlukan dikemudian hari. 

4. Melakukan cetak formulir BPJS.
Setelah menunggu selama beberapa hari, biasanya akan muncul pemberitahuan pada email yang Anda gunakan untuk mendaftar yang berisi virtual account yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran setiap bulannya. Selanjutnya Anda perlu mencetak formulir yang sudah Anda isi kemudian membayarkan iuran pertama terlebih dahulu.

4. Datang ke kantor BPJS 
Tahap cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online selanjutnya adalah datang ke kantor BPJS kesehatan terdekat dengan membawa bukti pembayaran iuran dan juga formulir pendaftaran milik Anda. Di kantor BPJS tersebut nantinya Anda akan diberikan kartu BPJS Kesehatan. 
baca : cara membuat email facebook menggunakan gmail
Demikianlah informasi cara mendaftar BPJS kesehatan secara online, mudah-mudahan bermanfaat.