Syarat Pendaftaran BPJS - Dokumen yang Anda butuhkan untuk pendaftaran BPJS

Untuk Anda yang hendak mendaftar BPJS, informasi syarat pendaftaran BPJS memang akan sangat berguna. Dengan berkas-berkas pendukung yang lengkap tentu saja akan memudahkan Anda mengisi formulir pendaftaran BPJS tsb. Baiklah, berikut ini persyaratannya:

1. Fotocopy KTP
Fotocopy KTP yang dimaksud adalah fotocopy KTP orang yang akan didaftarkan. Jika yang didaftarkan merupakan satu keluarga maka hanya perlu 1 fotocopy KTP milik kepala keluarga saja untuk memudahkan registrasi. Syarat pendaftaran BPJS lengkap ini merupakan syarat utama karena menggunakan data pribadi sesuai dengan KTP yang berlaku. 

2. Fotocopy KK
Selanjutnya adalah fotocopy Kartu Keluarga. Hal ini ditujukan untuk dapat mengetahui berapa banyak tanggungan orang yang mendaftarkan BPJS ini. Dengan mengetahui tanggungan keluarga tersebut biasanya untuk pemilihan kelas juga akan dibantu diarahkan.

2. Pas Foto 
Pas foto yang harus disediakan adalah pas foto yang berukuran 3x4 berwarna dan berjumlah 2 lembar. Nantinya foto ini akan menjadi data untuk BPJS untuk dapat mengetahui siapa yang melakukan pendaftaran dan peserta BPJS yang bergabung. Pas foto juga dapat dikatakan sebagai syarat untuk menghindari adanya peserta yang mencoba mengelabuhi pihak BPJS. 

3. Formulir
Syarat pendaftaran BPJS berikutnya adalah formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran ini bisa Anda minta di kantor BPJS terdekat. Formulir dapat Anda isi ketika berada di tempat pendaftaran jadi siapkan saja terlebih dahulu berkas pendaftaran lainnya. Tapi Anda bisa juga meminta formulir pendaftaran tsb ke petugas terlebih dahulu lalu membawa formulir tsb pulang untuk kemudian diisi. Setelah diisi dan dilengkapi lampiran pendukung lainnya, segera serahkan kembali ke petugas BPJS. Ingat untuk mengisi formulir tersebut dengan jujur dan sesuai keadaan. 

syarat pendaftaran BPJS gambar
formulir pendaftaran  BPJS
Bagi yang berstatus PNS, biasanya akan diminta fotocopy SK (surat keputusan) pengangkatan sebagai PNS atau SK CPNS bagi Anda yang berstatus CPNS. Selain itu siapkan juga fotocopy surat nikah bagi Anda yang sudah menikah, dan fotocopy akta kelahiran anak bagi yang sudah mempunyai anak.

Syarat pendaftaran BPJS secara perseorangan dan perusahaan akan berbeda. Pendaftaran BPJS secara perorangan jauh lebih mudah dilakukan. Namun jika Anda terdaftar sebagai pegawai perusahaan, tidak perlu khawatir, biasanya pihak perusahaanlah yang akan mengurus pendaftarannya ke kantor BPJS. Bagi karyawan perusahan, tentu pegawai perusahaan tersebut harus dilindungi oleh BPJS yang seluruh iurannya ditanggung oleh perusahaan atau tergantung kesepakatan. 

Syarat pendaftaran BPJS seperti yang sudah dijelaskan diatas merupakan syarat utama yang wajib Anda bawa ketika ingin melakukan pendaftaran BPJS. Apabila syarat-syarat utama yang Anda bawa tersebut sudah lengkap tentu saja pegawai BPJS bisa langsung menginput dan mencetak kartu BPJS Anda pada hari itu juga.  Syarat-syarat tsb tidak hanya untuk mendaftar secara offline atau manual, tetapi juga merupakan syarat penting untuk pendaftar secara online

Demikianlah informasi syarat pendaftaran BPJS. Terimakasih.