Cara mengusir tikus dari rumah - 10 cara ampuh mengusir tikus rumah

Cara mengusir tikus dari rumah – Rumah dipenuhi hama tikus? Nggak pernah kebayangkan bagaimana serem nya? Untuk itu kali ini juragancara.com akan secara khusus membahas trik-trik dalam cara mengusir tikus yang pastinya akan berguna bagi siapa saja yang juga sedang berusaha mengusir tikus dari rumah.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa tips kali ini hanya akan membahas cara mengusir tikus yang ada di rumah, jadi mungkin akan sedikit berbeda ketika mau diterapkan pada tikus yang menyerang kebun,  taman, sawah, atau mungkin tikus got. Jadi tips yang akan kami bagikan, cocok untuk mengusir tikus yang ada di atap rumah, di plafon rumah, di dapur, atau bahkan di kasur atau di kamar tidur Anda.

Punya tikus di rumah memang punya banyak kerugian. Disamping baunya yang membuat rumah berbau tidak sedap, menjijikkan, juga dapat mengganggu kesehatan. Bahkan dapat merusak benda-benda yang ada di rumah karena giginya yang terkenal tajam dapat merobekkan banyak benda. Bau tidak sedap yang berasal dari tikus biasanya karena kencing dan kotoran tikus yang tergolong sulit untuk di hilangkan. 


Tikus Curut

Tikus merupakan hewan mamalia yang aktif di malam hari. Hewan pengerat ini dibekali Indra penciuman yang tajam sehingga membuat tikus dapat mengetahui keberadaan makanan meski jaraknya beberapa meter. Jika Anda mendengar suara hewan yang berdecit terutama ketika malam hari, kemungkinan besar itu adalah tikus. Ada beberapa jenis tikus yang sering mengganggu rumah, salah satu nya tikus curut. Biasanya tikus curut ini mengeluarkan bunyi crut atau cit yang khas. 

Tikus yang ada dirumah bisa kita bagi menjadi 3 kelompok, yaitu tikus atap, tikus rumah, dan tikus got. Lalu mana yang merupakan tikus curut? Tikus curut mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil daripada jenis tikus lainnya, bermoncong panjang, dan mempunyai bulu kecoklatan. Tikus curut ini termasuk kedalam kelompok tikus rumah. 

Cara Ampuh Mengusir Tikus

1. Menggunakan racun tikus
Menggunakan racun tikus merupakan salah satu cara terpopuler untuk membasmi tikus rumah. Meskipun cara ini punya kelemahan yaitu dapat membunuh hewan lain yang tidak ingin kita bunuh. Seringkali kucing rumah yang menjadi korban salah sasaran dari racun tikus ini. Kelemahan lainnya dari menggunakan racun tikus adalah seringnya tikus tsb mati ditempat yang tidak kita duga atau tempat tersembunyi sehingga bangkainya membuat bau busuk yang tentu mengurangi kenyamanan Anda. 

Harga racun tikus di pasaran bervariasi, antara 7 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah per bungkus. Gunakan sarung tangan atau kantong plastik untuk melapisi tangan ketika memegang racun tikus ini supaya tidak meracuni diri Anda sendiri. Cara membuat racun tikus sebenarnya cukup mudah sehingga dapat Anda praktekkan sendiri dan tidak perlu repot membeli racun tikus yang mahal. Namun kami tidak akan membahas cara membuat racun tikus sendiri disini, kami akan bahas di lain artikel. 

2. Menggunakan perangkap tikus. 
Menggunakan perangkap tikus mungkin cara paling mudah dan paling murah yang bisa Anda lakukan. Harga sebuah perangkap tikus ini memang relatif murah, berkisar antara 10 – 30 ribu rupiah. Berhati-hatilah dalam memasang alat perangkap tikus ini. Apalagi jika ada anak kecil di dalam rumah sebab berbahaya dan dapat menyebabkan luka. 

3. Menggunakan pengusir tikus elektronik.
Anda dapat membeli alat pengusir tikus elektronik ini baik secara langsung maupun melalui toko online. Harga pengusir tikus elektronik bervariasi tergantung merk dan fiturnya. Ada yang puluhan ribu rupiah,  300 ribuan, hingga ada yang hampir menyentuh angka 1 juta rupiah. Namun masih banyak perdebatan tentang apakah penggunaan pengusir tikus elektronik ini ampuh mengusir tikus ataukah tidak. Sebaiknya Anda mencoba cara lainnya yang lebih murah dan sudah terbukti efektif dalam membasmi tikus rumah. 

4. Menggunakan jangkrik.
Ya, Anda tidak sedang salah dengar. Bukan kekuatan, gigi, ataupun cakar dari jangkrik tsb yang ingin kita manfaatkan, tapi, suaranya. Hal ini karena sifat dasar dari tikus yang tidak menyukai keramaian. Jadi dengan menempatkan jangkrik pada tempat-tempat yang sering dilalui atau di jadikan sarang oleh tikus, diharapkan akan membuat tikus tsb pergi karena mereka tidak menyukai suara bising dari jangkrik tsb.

5. Memelihara kucing.
Tidak ada salahnya menempatkan kucing untuk membasmi tikus di rumah. Setiap hewan memang selalu mempunyai musuh alami, dan kucing merupakan musuh alami tikus. Masih ingat pelajaran di sekolah tentang rantai makanan bukan? Nah, kucinglah predator alami tikus, apalagi jika Anda memelihara jenis kucing tertentu yang suka memangsa tikus. 

6. Buah mengkudu pengusir tikus.
Potong buah mengkudu yang sudah masak menjadi beberapa bagian kecil lalu letakkan di sebuah wadah. Pasang potongan buah mengkudu di tempat-tempat rawan tikus. Bau menyengat dari aroma mengkudu tsb lah yang tidak disukai tikus sehingga dengan cara alami ini mudah-mudahan dapat membuat tikus tidak betah mendiami rumah Anda lagi.

7. Kulit buah durian.
Jangan kira tikus akan suka memakan kulit durian. Sebab, tikus tidak menyukai bau menyengat yang keluar dari kulit durian tsb. Jadi jika Anda kebetulan membeli buah durian, jangan lupa untuk menggunakan kulit durian tsb untuk menghilangkan gangguan tikus dari rumah.
baca : cara alami mengatasi rambut rontok
8. Kapur barus (kamper).
Selain mengkudu dan kulit durian, ada satu lagi bau yang tidak disukai tikus, yaitu bau kapur barus. Harga 1 kantong kecil kapur barus ini sekitar 5000 rupiah saja. Pecah atau hancurkan secara kasar beberapa buah kapur barus lalu letakkan di tempat-tempat yang sering ada tikusnya, atau langsung letakkan kapur barus tanpa harus menghancurkannya terlebih dahulu.

Cara-cara usir tikus menggunakan kapur barus, kuit durian, dan buah mengkudu memang sebenarnya akan kurang efektif sebab hanya membuat tikus pindah ke tempat lain. Cara ampuh mengusir tikus yang paling efektif tentunya adalah dengan membunuh tikus tsb. Namun Anda dapat mengkombinasikan antara cara yang hanya mengusir tikus dan cara yang membunuh tikus sehingga memperoleh manfaat maksimal untuk membasmi hama tikus rumah. Ingat bahwa tikus mempunyai penciuman yang sangat tajam, yang dapat mendeteksi keberadaan makanan dari jarak jauh sehingga penggunaan beberapa buah atau benda yang mengandung bau yang tidak disukai tikus, tentunya masih dapat berguna. 

Tikus biasanya sangat menyukai makanan di rumah yang berada di atas meja, tanpa ditutup rapat dan kuat. Tapi dengan selalu menutup rapat-rapat makanan bukanlah cara terefektif yang bisa dilakukan sebab akan selalu ada celah bagi tikus tsb untuk mencuri dan mengambil makanan atau sisa makanan. Bahkan tak jarang banyak tikus yang memakan benda-benda seperti kasur, sarung bantal, kabel listrik, triplek pada plafon rumah, buku, bahkan plastik ketika tidak ada makanan yang bisa mereka kunyah, dan tentunya ini akan merugikan Anda secara finansial.

9. Suara pengusir tikus. 
Kita bisa memanfaatkan suara jangkrik untuk membuat tikus pergi dari rumah Anda. Silahkan klik link download suara jangkrik pengusir tikus

10. cara mengusir tikus dengan cuka.
Campur air cuka dapur dengan air lalu masukkan kedalam botol spray, semprotkan pada jalan atau tempat yang sering dilintasi oleh tikus. 

Pembaca sekalian, demikianlah cara mengusir tikus dari rumah yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like halaman facebook kami untuk selalu mendapat update tulisan dari kami. Terimakasih.