Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca – Cara mudah agar flashdisk terdeteksi

Ketika flashdisk tidak terbaca, sebenarnya ada cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di komputer dengan sangat mudah dan tidak perlu di bawa ke tukang servis. Flashdisk yang tidak bisa terbaca atau tidak terdeteksi, tidak melulu karena flashdiksnya rusak, tapi bisa jadi karena pengaturan di komputer ataupun pengaturan dalam flashdisknya. 

Flashdisk mempunyai banyak fungsi, terutama membantu menyelesaikan pekerjaan kantor, usaha, ataupun pekerjaan sekolah dan kuliah. Ketika flashdisk tidak terbaca maka akan mengganggu pekerjaan yang sudah menunggu untuk diselesaikan. Namun penyelesaiannya tidak selalu dengan membeli flashdisk baru tapi Anda bisa memperbaikinya dengan cara mudah yang akan kami jelaskan pada artikel ini.

Penyebab flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi biasanya karena cara pemakaian flashdisk yang salah atau asal-asalan, yaitu karena sering dicabut begitu saja dari komputer tanpa perintah safely remove terlebih dahulu. Memilih flashdisk dengan merk dengan kualitas tidak begitu baik juga dapat memperbesar kemungkinan flashdisk tidak terbaca. Selain itu biasanya virus komputer juga dapat menyebabkan masalah-masalah pada flashdisk untuk itu instal lah anti virus terbaik pada komputer Anda.

Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca

gambar cara memperbaiki flashdisk dengan mudah

Cara yang kami bagikan disini dapat diterapkan pada komputer dengan sistem operasi dari microsft windows, baik itu windows 7, windows XP, dll. Adapun cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terbaca yaitu:

1. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yaitu dengan memformat ulang. Pertama harus dicolokkan terlebih dahulu flashdisk ke Port USB yang ada di laptop atau komputer, kemudian klik pada menu windows atau start lalu pilih run dan ketik: compmgmt.msc, tunggu beberapa saat maka akan muncul programnya. Setelah itu klik dua kali pada program kemudian pilih storage. Lalu pilihlah menu disk Management, maka flashdisk akan segera terdeteksi. Kemudian formatlah flashdisk tsb dengan cara klik kanan flashdisk, klik create partition, kemudian pilih menu format.

2. Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan menu Control Panel. 
Pertama, colokkan flashdisk pada komputer, lalu pilih menu control panel. Anda bisa menemukan menu ini pada start menu. Setelah masuk ke dalam menu control panel pilihlah Add Hardware lalu ikuti langkahnya. Ketika ada pilihan : “yes, I have already connected the hardware”, maka klik yes. Maka komputer akan melakukan pendeteksian hardware eksternal yang dicolokkan ke komputer tsb (dalam hal ini flashdisk yang Anda colokkan). Apabila flashdisk sudah terdeteksi maka Anda bisa klik tombol cancel atau batalkan untuk menghentikan proses pendeteksian flashdisk. Tanda bahwa flashdisk sudah terdeteksi yaitu muncul autorun, muncul ikon removable hardware pada sistem tray, atau muncul drive baru di windows explorer atau di drive my computer.
baca : cara cek tagihan telepon                         cara cek ip address
3. Menggunakan Software khusus.
Jika kedua cara sudah dilakukan tapi flashdisk tetap tidak terdeteksi maka Anda perlu menggunakan cara yang ketiga ini. Cara ini harus menggunakan software tertentu yang akan membantu mencari flashdisk Anda. Tools atau software yang sangat direkomendasikan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah HDD low level format. Tools atau aplikasi tsb tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis (free) nya, sudah cukup untuk mengatasi permasalahan Anda.

Demikianlah cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca. Perlu dipahami bahwa jika ketiga cara di atas sudah dilakukan tapi flashdisk tetap saja tidak bisa terbaca, maka kemungkinannya yaitu bisa Port USB pada komputer Anda rusak dan kemungkinan lainnya yaitu flashdisk Anda memang sudah rusak. Anda bisa melakukan uji coba pada flashdisk Anda di komputer lain untuk memastikan apakah Port USB atau flashdisk Anda yang rusak. Apabila flashdisk sudah benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki dengan cara diatas, maka tidak ada jalan lain sebaiknya Anda membeli flashdisk baru. 

Salam,