Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap dengan Mudah

Cara menghilangkan bau badan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh. Kebersihan tubuh memang merupakan faktor penentu seseorang akan mengalami masalah bau badan atau tidak. Masalah bau badan akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan akhirnya menggunakan parfum untuk menutupi aroma bau badan. 

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau badan secara permanen. Ada yang menggunakan obat-obatan, yang tentu berbahan kimia, dan ada juga dengan sekedar bahan-bahan alami atau cara-cara yang aman dan alami. Misalnya dengan mongonsumsi makanan penghilang bau badan, menjaga pola hidup bersih, dsb. 

Penyebab bau badan.

Lalu apa yang menyebabkan bau badan tak sedap? Bau badan seringkali disebabkan oleh bau ketiak dan keringat berlebih. Sebenarnya, keluarnya keringat merupakan hal wajar dan bahkan penting untuk tubuh karena merupakan bagian dari mekanisme alami pengaturan suhu tubuh. Namun keringat berlebih yang kemudian bercampur dengan bakteri dan jamur dapat menyebabkan timbulnya bau badan. Keringat disebabkan oleh beberapa hal berikut : udara panas, perubahan hormon, olahraga, dll. 
baca : cara mengecilkan paha dan betis
Selain itu, bau badan juga dapat disebabkan oleh faktor hormon terutama bagi kamu yang berada dalam masa pubertas. Remaja yang mengalami masalah bau badan karena pubertas sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena ketika dewasa, bau badan akan berkurang dengan sendirinya. Namun bagi remaja, bau badan yang tak sedap dapat sangat mempengaruhi sosial mereka, juga kepercayaan diri, karena itu beberapa cara dibawah ini dapat kamu terapkan untuk mengurangi bau badan.

Cara menghilangkan bau badan

gambar cara menghilangkan bau badan

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan : 

1. Mandi teratur
Mandi teratur minimal 2 kali dalam sehari merupakan kunci untuk menghilangkan bau badan yang paling utama. Mandilah secara teratur di pagi dan sore hari. Anda disarankan untuk menggunakan sabun mandi syang memiliki kandungan anti bakteri agar bakteri penyebab bau badan tidak menempel di tubuh Anda. Selain itu cukurlah bulu ketiak karena bulu ketiak yang lebat dapat menyebabkan jamur dan bakteri pada ketiak tumbuh subur. 

2. Menghindari makanan penyebab bau badan
Cara menghilangkan bau badan yang lain adalah dengan menghindari makanan yang merupakan penyebab bau badan seperti daging merah, bawang putih dan juga junk food. Tetapi tidak perlu menghindarinya dengan ekstrim. Anda hanya perlu mengkonsumsi secara terbatas dan tidak berlebihan. Selain itu, kurangi makanan yang megandung lemak tinggi misalnya daging, dan juga kurangi atau bahkan stop merokok sebab merokok pun dapat menambah bau badan.

3. Menghilangkan bau badan dengan Daun Sirih
Anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah bau badan Anda. Caranya adalah dengan membalurkan tumbukan daun sirih ke seluruh tubuh Anda. Dan pada bagian lipatan tubuh seperti ketiak sebaiknya dilakukan penggosokkan dengan ramuan tersebut. Anda juga dapat mengkonsumsi rebusan air daun sirih untuk diminum secara rutin untuk membantu menghilangkan bau badan Anda secara permanen. 

4. Deodoran, minyak wangi, dan sabun herbal
Deodoran ini juga memiliki fungsi untuk menghalau bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, pastikan deodoran Anda memiliki kandungan anti bakteri agar tubuh Anda tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan deodoran ini sudah sangat umum dilakukan oleh banyak orang. Selain menggunakan deodoran yang banyak dijual di pasaran, Anda juga dapat menggunakan deodoran alami yaitu minyak atsiri. Oleskan minyak atsiri tsb di ketiak dan oleskan secara merata. Jika tidak ada minyak atsiri, gunakan minyak gliserin. Tambahkan juga sabun mandi herbal setiap kali mandi. Penggunaan minyak wangi juga dapat menggantikan fungsi deodoran untuk menghilangkan bau badan.

5. Mengonsumsi makanan penghilang bau badan. 
Mengonsumsi beberapa jenis makanan dapat membantu menghilangkan bau badan. Mereka adalah : daun kemangi, daun belutas, daun pepaya, dan temulawak. Mengosumsi makanan berserat dan buah-buahan juga berefek pada kurangnya bau badan Anda. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan mentimun, caranya adalah : oleskan mentimun yang sudah dipotong pada ketiak, setiap kali selesai mandi.

Pembaca sekalian, penggunaan parfum tentunya dapat menghilangkan bau badan namun bersifat sementara. Oleh karena itu, menghilangkan bau badan secara alami memang dapat mengatasi masalah bau badan tidak sedap, dan efeknya pun permanen. Demikianlah informasi cara menghilangkan bau badan yang dapat kami share kali ini. Semoga membantu dan terimakasih atas kesediaan Anda berkunjung ke website sederhana kami. 

salam,