Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan cara alami

Bekas jerawat biasanya berupa noda hitam yang apabila dibiarkan akan mengurangi penampilan wajah. Jerawat boleh dikatakan salah satu masalah di wajah yang kerap kali menyerang. Sebenarnya, selain noda hitam, bekas jerawat yang sering dialami oleh pria maupun wanita ada bermacam-macam. Contoh saja bopeng dan kulit muka berlubang. Namun ulasan kali ini akan secara khusus menyajikan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara alami.

Bekas jerawat dapat mengurangi atau bahkan merusakan penampilan seseorang terutama pada bagian wajah. Padahal bagian wajah inilah salah satu yang paling sering dilihat dan digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kebayangkan bagaimana jika wajah Anda banyak noda hitam bekas jerawat? apalagi bagi seorang wanita, kecantikan menjadi sesuatu yang sangat penting. 

Jerawat merupakan hal yang alami terjadi pada setiap orang apalagi bagi usia remaja atau pada masa pubertas. Setelah berhasil menghilangkan jerawat wajah, sayangnya masalah kadang tidak selesai karena timbul bekas jerawat yang dampaknya hampir sama dengan timbulnya jerawat itu sendiri.

Secara ilmiah, flek hitam atau noda hitam bekas jerawat dinamakan hyperthropic. Karena itu apabila menggunakan produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran, pastikan sesuai untuk mengatasi masalah hyperthropic ini. Karena apabila tidak sesuai, bisa jadi menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Dan terkadang, produk kecantikan hanya membuat kulit wajah kinclong beberapa saat, lalu selanjutnya kulit wajah kembali dengan bekas jerawat bahkan kadang tambah parah.

gambar cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara alami

Menggunakan obat tradisional dengan bahan alami bisa menjadi pilihan yang bagus. Kenapa menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami? Karena sesuatu yang alami biasanya tidak mempunyai efek samping dan hasilnya pun lebih lama (permanen). Selain itu bahan-bahan alami dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar dan minim biaya. 

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Untuk Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat, berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang cepat:

1. Bawang putih
Bawang putih termasuk bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat dan cara penggunaannya tergolong mudah, yaitu gosokkan irisan bawang putih pada jerawat atau bekasnya lalu diamkan sampai kering. Jika kulit terasa panas, sebaiknya langsung dibilas saja.
baca : cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca
2. Lidah buaya
Cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Pilih tanaman lidah buaya yang masih segar lalu patahkan dibagian tengahnya, kemudian pencet hingga keluar gel. Usapkan gel lidah buaya pada wajah yang terdapat bekas jerawatnya kemudian diamkan sampai mengering lalu dibilas sampai bersih. Lidah buaya ini bermanfaat tidak hanya untuk menghilangkan bekas jerawat tapi juga mengencangkan dan memutihkan kulit wajah.

3. Jagung muda
Vitamin C dan A yang ada dalam jagung muda tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah. Parutlah jagung yang masih muda kemudian gunakan sebagai masker wajah di malam hari. Bilaslah di waktu pagi dengan menggunakan air hangat. Vitamin C pada jagung mempunyai manfaat membantu terbentuknya jaringan ikat dan mencegah jaringan parut pada kulit yang menyebabkan keriput. Sedangkan vitamin A berkhasiat menjaga kelembapan kulit, elastisitas kulit, dan mencegah penuaan dini. Tentunya beberapa manfaat tsb sangat berguna bukan?

4. Tomat
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan tomat ini sangat mudah, yaitu oleskan irisan tomat secara merata pada wajah yang terdapat bekas jerawatnya kemudian diamkan sampai mengering atau kira-kira 15-20 menit lalu dibilas sampai bersih. Tomat memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga mengurangi bekas jerawat. Selain dengan membuat irisan tomat, Anda juga dapat memblender tomat ini dan menjadikannya sebagai masker wajah. Siapkan 1 buah tomat lalu blenderlah! Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama kira-kira 20 – 30 menit kemudian bilas wajah sampai bersih. Lakukan cara ini secara teratur, dua hari dalam seminggu.

5. Jeruk nipis.
Selain enak bila dibuat minuman, jeruk nipis juga ternyata mempunyai khasiat dalam menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Hal itu karena jeruk nipis mempunyai kandungan yang dapat membersihkan sel-sel kulit mati dan mengurangi kadar minyak pada wajah. Caranya pun tergolong mudah dilakukan. Peras 1 – 2 buah jeruk nipis, lalu gunakan air perasan tsb dan oleskan pada wajah terutama di bagian yang banyak bekas jerawatnya. Tunggu sampai kira-kira 15 menit lalu bilas wajah dengan air bersih. Gunakan cara ini secara teratur, 2 atau 3 kali dalam seminggu. 

Cara-cara menghilangkan bekas jerawat secara alami ini harus dilakukan secara berkelanjutan sampai bekas jerawat yang ada di wajah menghilang. Usahakan pilih salah satu cara saja yang cocok dengan jenis wajah. Hindari menggunakan cara yang berganti-ganti walaupun itu menggunakan bahan alami. Pergantian bahan untuk menghilangkan bekas jerawat ini bisa membuat kulit menjadi rusak. Demikianlah cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda.