Cara Menghilangkan Virus Shortcut di laptop/ komputer, dan di flashdisk

Virus shortcut seringkali muncul dan mengganggu file-file yang ada di dalam computer ataupun flashdisk. Virus shortcut termasuk kedalam virus rammit yang dapat menginfeksi file berformat Exe dan DLL. Sistem operasi yang diserang virus shortcut antara lain windows XP dan windows 7, selain itu juga sering menginfeksi flashdisk. Virus shortcut ini bekerja dengan mengkloning dirinya sendiri secara banyak dan dalam waktu sekejap serta menyembunyikan data penting dengan membuat shortcut.

Virus shortcut sebenarnya tidak merusak file tapi menyembunyikannya dengan cara mengubah attribut menjadi super hidden. Lalu bagaimana cara mengatasi virus shortcut? Ada 2 cara yang bisa ditempuh, yaitu menggunakan aplikasi penghapus virus atau antivirus, dan dengan menggunakan CMD.

Cara menghilangkan virus shortcut di laptop atau komputer

gambar cara menghilangkan virus shortcut

Menghapus virus shortcut dengan bantuan aplikasi penghapus virus (antivirus).

1. Instal aplikasi penghapus virus shortcut.
Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghilangkan virus shortcut adalah meng-instal antivirus, sebab antivirus inilah yang akan mendeteksi keberadaan virus shortcut tsb dan menghapusnya. Terdapat berbagai macam antivirus seperti SMADAV, Avira, AVG, dll. Sebuah antivirus, baik untuk komputer maupun handphone, biasanya bisa Anda dapatkan secara gratis dan dapat diunduh dengan mudah dan secara bebas di Internet. Tapi ada pula versi pro yang mana bisa didapatkan hanya dengan membelinya.  Downloadlah antivirus versi terbaru. Fungsi antivirus sendiri untuk menghapus file yang terdeteksi terserang virus dan sebagai penangkal apabila ada disk lain yang masuk ke laptop, dan menjaga laptop atau computer dari serangan virus.

2. Lakukan Scanning/ proses penyecanan
Scanning atau penyecanan sangat dibutuhkan untuk menjaga computer atau laptop tetap bersih dari virus. Ada beberapa proses scanning yang dapat Anda pilih yaitu quick scanning dan full scanning. Apabila Anda ingin secara menyeluruh membersihkan semua drive pada laptop atau computer dari antivirus, maka pilihlah opsi full scanning. Meskipun begitu, full scanning ini membutuhkan waktu yang lama, tergantung pada besarnya file yang tersimpan pada hardisk. Setelah scanning selesai, klik bersihkan atau fix all.
baca : cara mengusir tikus dari rumah
3. Menghapus bekas file
Cara menghilangkan virus shortcut ini dengan antivirus sangatlah mudah. Setelah di scan, komputer dalam keadaan bersih namun biasanya masih terdapat file shortcut yang tertinggal. Pertama pastikan dimana letak file shortcut tersebut, kemudian pilih file shortcut tersebut dan klik kanan, pilih hapus (delete), atau setelah dipilih, tekan tombol delete pada keyboard.

Cara menghapus virus shortcut dengan cmd (Command Prompt)

Selain menggunakan antivirus, Anda juga dapat menggunakan perintah CMD. Cara menghapus virus shortcut dengan CMD sebenarnya sangat mudah. Berikut cara-caranya :
1. Tekan tombol windows pada keyboard secara bersamaan dengan huruf R (Windows + R). Kemudian ketikkan CMD pada kotak yang muncul, lalu tekan enter. 
2. Jika jendela command prompt sudah terbuka, pilih secara manual mana drive yang dijadikan saranng virus shortcut tsb. Misalnya virus berada di drive flashdisk (F), maka ketik tulisan F:
 Untuk menampilkan file atau folder yang disembunyikan oleh virus shortcut yaitu dengan mengubah atributnya menjadi standar atau normal. Caranya ketik perintah ATTRIB –s –r –h /s /d lalu tekan enter (S=show, R=read, H=hidden).

gambar cara menghilangkan virus shortcut 1

3. Virus shortcut kemudian akan berubah menjadi data dan folder asli yang Anda simpan, selanjutnya hapus shortcut yang masih ada didalam folder komputer Anda.

Cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk

Untuk cara menghilangkan virus shortcut di flashdik, pada prinsipnya sama dengan cara diatas. Jika menggunakan CMD, maka sesaat setelah jendela command prompt muncul, colokkan flashdisk yang hendak dibersihkan. Lalu ketikkan nama drive flashdisk tsb, tekan enter. Selanjutnya ketik perintah ATTRIB –s –r –h /s /d, tekan enter.

Demikianlah cara menghilangkan virus shortcut dengan efektif. Semoga bermanfaat dan terimakasih.