Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS dan Bank BNI

Jika sebelumnya kami sudah memposting cara cek saldo jamsostek secara online, kali ini informasi akan kami tambahkan dengan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan cara SMS dan lewat bank BNI. Cara cek saldo ini juga ditujukan untuk Anda pemegang kartu jamsostek karena jamsostek sendiri saat ini sudah berganti dengan BPJS ketenagakerjaan. Saldo BPJS ketenagakerjaan yang dimaksud disini adalah saldo JHT atau jaminan hari tua yang memang disisihkan setiap bulannya dari iuran peserta BPJS TK (BPJS Ketenagakerjaan). Aturan premi JHT yang dibayarkan saat bekerja adalah 2% ditanggung oleh pekerja itu sendiri dan 3,7& ditanggung oleh perusahaan tempat ia bekerja.

BPJS ketenagakerjaan memang salah satu perusahaan asuransi sosial yang paling banyak di ikuti oleh masyarakat Indonesia. Keuntungan mengikuti BPJS ketenagakerjaan adalah terdapatnya jaminan kesehatan sehingga Anda tidak perlu repot ataupun khawatir jika mengalami penyakit atau tiba-tiba mengalami kecelakaan karena semuanya sudah ditanggung lewat asuransi. 

Dengan mengikuti program asuransi BPJS ketenagakerjaan sendiri tentunya beban kita terasa lebih ringan terlebih lagi jika Anda atau keluarga Anda sedang sakit. Biaya rawat di rumah sakit pemerintah (RSUD) tipe C saja, yang biasanya ada di tingkat kabupaten, mencapai 1 jutaan untuk 2 hari 2 malam. Coba bayangkan jika menginap di rumah sakit untuk seminggu, atau apabila berada di rumah sakit tipe B dan A, atau rumah sakit swasta, dapat dipastikan biayanya akan jauh lebih besar. 
baca : cara mencairkan dana jamsostek di kantor jamsostek
gambar cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan lewat sms

Yang perlu Anda lakukan untuk mendapat fasilitas dari BPJS ketenagakerjaan ini adalah membayar iuran bulanan atau premi BPJS ketenagakerjaan. Umumnya jika Anda seorang karyawan di sebuah perusahaan, maka Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan karena pendaftaran tsb merupakan kewajiban perusahaan Anda tempat bekerja. Dan juga biaya premi tsb dibayarkan secara langsung lewat pemotongan gaji Anda per bulannya, jadi Anda tidak perlu repot melakukan pembayaran sendiri setiap bulannya. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Jika dulu Anda harus mendatangi kantor Jamsostek/ BPJS ketenagakerjaan untuk mengetahui saldo BPJS ketenagakerjaan, maka kini Anda bisa lebih mudah melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS dan lewat bank BNI. Adapun penjelasannya bisa Anda lihat berikut ini:

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Cara pertama merupakan cara cek saldo BPJS paling mudah, praktis dan bisa dilakukan dimana saja, asalkan Anda punya handphone dan jaringan tentunya. Namun sebelum Anda dapat menggunakan layanan cek saldo BPJS TK lewat SMS, Anda terlebih dahulu harus registrasi atau melakukan pendaftaran untuk mendapatkan no ID atau nomor identitas. Secara rinci, cara pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan lewat SMS adalah sebagai berikut:
  • Mendaftar atau registrasi terlebih dulu agar memperoleh nomor ID via SMS. Ketikkan SMS dengan format: REG#NoJamsostek/BPJS#tgl_lahir#Nama_ibu_kandung kemudian kirim ke 08111009696.
  • Tunggu hingga beberapa saat, sampai Anda memperoleh SMS balasan atau pemberitahuan mengenai nomor ID Anda.
  • Selanjutnya, jika sudah memperoleh nomor ID, sekarang Anda bisa melakukan pengecekan saldo Jamsostek lewat SMS, formatnya, ketik : Saldo#No Id Anda lalu kirim ke nomor 08111009696.
  • Tunggu beberapa saat, akan ada balasan SMS berisikan informasi saldo dari BPJS ketenagakerjaan Anda. 
gambar cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan lewat sms 2

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Bank BNI

Selain cara SMS diatas, Anda juga bisa memanfaatkan cara yang kedua dengan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui bank BNI. Bank BNI saat ini memang sudah bekerja sama bersama pihak BPJS ketenagakerjaan agar bisa memberikan pelayanan dengan lebih mudah dan praktis untuk pengguna BNI, sehingga pengguna layanan BNI bisa mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan secara real-time kapanpun dan juga dimanapun. 

Selain ke kantor cabang BNI, Anda juga bisa menggunakan ATM BNI terdekat untuk mengecek saldo BPJS TK tsb. Perlu diingat layanan yang diberikan oleh pihak BNI saat ini hanyalah untuk cek saldo BPJS ketenagakerjaan saja, jadi saldo BPJS TK tidak bisa dicairkan lewat ATM BNI. Cari fitur cek saldo BPJS lalu isikan nomor ID Anda.

Demikian cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS dan bank BNI. Jika Anda menyukai tulisan-tulisan kami, silahkan like halaman FB kami disini dan halaman google+ kami disini supaya dengan mudah mendapat update tulisan dari juragancara.com. Terimakasih pembaca sekalian.