Cara Sharing Printer Windows 7 - Share printer di Windows 7

Cara sharing printer windows 7 - Printer merupakan salah satu barang elektronik yang sudah menjadi kebutuhan pokok di kantor maupun di sekolah. Keberadaan printer saat ini sangat diperlukan, tapi bagaimana jika di kantor Anda hanya ada satu printer saja sedangkan komputernya ada lebih dari satu. Tenang saja Anda tidak perlu khawatir, walaupun hanya ada satu printer di kantor tetap bisa digunakan bersama-sama dengan cara sharing printer. Cara sharing printer ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus mendatangkan teknisi dari luar, cukup sediakan jaringan LAN ataupun wifi yang memadai.

Fasilitas sharing printer ini akan sangat memudahkan Anda dalam mencetak data yang ukurannya besar dari komputer klien. Anda tidak perlu memindahkan data dari komputer klien ke komputer server yang terhubung langsung dengan printer jika printer sudah di share sebelumnya. Ada dua tahapan dalam melakukan sharing printer, yaitu tahapan pertama mengatur printer dari komputer server dan tahapan kedua adalah mengatur komputer klien yang akan menikmati fasilitas sharing printer ini.
baca : cara memperbaiki hasil print bergaris
Cara sharing printer yang akan kami bagikan dapat diterapkan pada komputer ataupun laptop dengan sistem operasi Windows 7. Jadi untuk sistem operasi lain mungkin langkah-langkah nya dan caranya akan berbeda.
gambar cara sharing printer windows 7

Cara sharing printer di komputer server

Tahapan sharing printer di komputer server ini sangatlah simpel, yaitu:
1. Bukalah control pannel dari start menu kemudian pilih view device and printer yang ada pada menu control panel. Setelah itu set printer yang akan dishare menjadi printer default caranya yaitu klik kanan pada printer lalu pilih set as default printer.
2. Jika printer sudah di set menjadi default, klik kanan sekali lagi pada printer yang sudah di set default lalu pilih printer propeties.
3. Pada menu pribter properties pilih menu sharing yang ada di bagian atas. Berilah tanda centang pada share this printer. Anda bisa mengecek apakah printer yang akan Anda sharing sudah tepat dengan melihat nama printer yang tertera. Jangan lupa beri juga tanda centang pada Render print jobs on client computers.
4. Setelah itu klik Ok atau apply. Printer Anda sudah selesai dishare, tahapan yang selanjutnya adalah setting pada komputer klien agar bisa menggunakan printer yang sudah dishare.

gambar cara sharing printer windows 7 2

Cara sharing printer di komputer klien

Adapun cara setting komputer klien agar bisa menggunakan printer yang sudah dishare yaitu:

1. Pastikan jika komputer sudah terhubung dengan server. Jika sudah terhubung, Anda bisa mengakses printer melalui explorer. Caranya yaitu dengan mengetikkan IP address komputer server. IP address ini berbeda-beda tergantung dari komputer servernya.
2. Setelah mengetikkan IP address dari komputer server maka akan muncul apa saja yang sudah dishare dari komputer server.
3. Pilih printer yang sudah di share kemudian klik kanan dan pilih connect. Tunggulah beberapa saat sampai berhasil terhubung. Jika sudah berhasil terhubung, Anda sudah bisa menggunakan printer tersebut melalui komputer klien.
4. Proses koneksi dari komputer klien terkadang lama, hal ini dikarenakan jaringan LAN atau wifi yang Anda gunakan kurang stabil. Jika jaringannya stabil maka proses koneksi tidak akan lama.
baca juga : cara cek bonus XL dan telkomsel
Agar proses sharing printer lancar maka pastikan printer masih dalam keadaan layak untuk digunakan. Selain itu, pastikan pula jika setiap komputer bisa mengakses jaringan LAN yang sudah dibangun ataupun jaringan wifi yang ada. Tanpa jaringan LAN ataupun wifi komputer klien tidak akan bisa mengakses printer dari server. Selain printer, fasilitas sharing dengan LAN atau wifi juga bisa dilakukan untuk sharing data dan file. Proses tahapan di atas hanya berlaku jika Anda menggunakan windows 7.

Demikianlah cara sharing printer di Windows 7, apabila ada pertanyaan silahkan beri komentar pada kolom komentar di bawah ini.