3 Cara Terbaik Cek Nomor Resi JNE Secara Mudah

Cara cek nomor resi JNE - Tahu dengan JNE? Yap, JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi (pengiriman barang) yang cakupan areanya meliputi seluruh Indonesia. Saat ini cabang dari JNE terdapat di berbagai daerah Indonesia, tidak hanya di provinsi dan kabupaten, tapi juga sampai ke tingkat kecamatan. JNE adalah singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir yang merupakan divisi dari PT. Citra Van Titipan Kilat atau lebih dikenal sebagai TIKI. Awalnya divisi JNE ditujukan sebagai divisi khusus internasional oleh TIKI, namun karena perkembangan jasa pengiriman barang domestik, maka JNE juga membuka jalur domestiknya. 

Bagi Anda yang mempunyai toko online atau berjualan produk secara online lewat facebook dsb, tentu sudah sangat familiar dengan layanan kurir JNE ini. Begitupun dengan perusahaan atau instansi yang biasa menggunakan jasa pengiriman barang dari JNE. Bagi mereka yang sedang bertransaksi membeli barang dari toko online, mengetahui dan cek nomor resi JNE juga sangatlah penting. Tujuannya adalah untuk melacak atau istilah kerennya adalah tracking, sampai mana barang yang sudah dikirim, sudah sampai ditujuan ataukah belum.

Syarat utama untuk Anda mengecek nomor resi JNE adalah Anda harus memiliki nomor pengiriman atau airway bill yang tertera pada struk/resi pengiriman barang yang Anda kirim. Nomor Airway Bill (AWB) ini berupa 13 sampai 20 digit angka.


gambar cara cek nomor resi JNE

JNE saat ini merupakan salah satu jasa ekspedisi terbesar di Indonesia. Loket JNE bahkan dapat ditemui dengan mudah di tingkat provinsi, kabupaten, dan sampai di kecamatan. Hal tsb wajar sebab kualitas pelayanan JNE memang sangat baik.

Cara Cek Nomor Resi JNE 

Setiap Anda mengirim barang atau dokumen menggunakan JNE, Anda akan diberikan sebuah nomor resi. Keberadaan nomor resi tsb sangatlah penting, yaitu untuk mengecek apakah barang atau dokumen yang Anda kirim telah sampai ke alamat tujuan ataukah belum. Apabila dokumen/ barang yang dikirim hilang, Anda pun dapat mengajukan komplain ke pihak JNE. 

Anda sebagai pengirim atau penerima sebenarnya dapat melakukan pengecekan nomor resi JNE dengan beberapa cara berikut, antara lain:

1) Cek nomor resi JNE secara online
Jika Anda akan melakukan pengecekan nomor resi JNE melalui jaringan internet atau online, silakan buka halaman situs JNE di www.jne.co.id, setelah itu cari kolom untuk memasukkan nomor resi. Isi nomor resi dengan benar sesuai nomor yang tertera lalu klik tombol trace and tracking. Kemudian tekan tombol perintah search, Anda harus memasukkan kode captcha dulu lalu tekan kembali tombol search. 

Tunggulah beberapa saat nanti akan muncul status pengiriman. Setelah itu, tekan dibagian nomornya maka akan terlihat keterangan mengenai barang atau dokumen yang dicari. Anda juga bisa mengetahui tanggal pengiriman barang oleh JNE. Anda dapat melacaknya dengan mudah memakai cara ini.

Lama pengiriman barang oleh JNE tergantung pada jenis layanan yang Anda pilih. Saat ini, JNE memiliki 3 paket pengiriman yaitu JNE OKE, REG, dan YES. Selain itu, jarak yang ditempuh dari tempat barang dikirim sampai ke alamat tujuan juga akan berpengaruh. Semakin jauh maka pengiriman juga akan memakan waktu lebih lama.

Apabila setelah Anda input nomor resi ternyata nomor tidak ditemukan atau tidak terlacak (muncul tulisan “Data not Found”) maka bisa saja kemungkinannya nomor yang Anda masukkan salah atau bisa jadi belum masuk ke database server JNE. Karena itu Anda perlu hati-hati dalam mencatat nomor resi tsb dan cobalah beberapa jam kemudian (biasanya butuh waktu 1x24 jam dari waktu pengiriman barang) apabila nomor resi yang Anda masukkan benar namun belum bisa dilacak oleh situs resmi JNE.

2) Cek nomor resi melalui nomor telepon customer service dan Email.
Cara kedua untuk melakukan pengecekan nomor resi JNE adalah menelepon customer service JNE di nomor telepon 6221-29278888. Layanan kontak customer service ini tersedia selama 24 jam, jadi Anda dapat menghubungi mereka kapanpun. Anda sebutkan saja nomor resi yang akan dilacak status pengirimannya, petugas dapat membantu Anda segera. Ada pula alamat email layanan konsumen di customercare@jne.co.id, namun tidak disarankan mengecek melalui email karena tidak ada jaminan Anda langsung mendapatkan jawaban.

gambar cara cek nomor resi JNE


3) Cek nomor resi melalui sms
Cara terakhir untuk mengecek nomor resi JNE yaitu menghubungi layanan konsumen melalui SMS. Anda dapat mengirimkan keterangan yang dibutuhkan petugas untuk melakukan pengecekan, isi keterangannya yaitu nomor resi, tanggal pengiriman, nama pengirim beserta nomor telepon, nama penerima beserta alamat dan nomor teleponnya, keterangan paket (barang/dokumen), kemudian kirimkan SMS ke nomor telepon 08121181732 (hanya sms saja). Tunggulah sampai petugas mengirimkan SMS jawaban mengenai status pengiriman tersebut.

Anda bisa mencoba salah satu dari ketiga cara diatas jika barang dan dokumen yang Anda kirimkan berkendala. Anda juga perlu mengetahui status JNE mengenai paket yang ditangani oleh perusahaan tersebut, misalnya on process (dalam pengiriman), on transit (transit di kota tertentu), crisis cross (paket tertukar) dan sebagainya. 

Demikianlah informasi 3 cara cek nomor resi JNE. Terimakasih.