Cek Ongkir JNE – Cek Ongkos Kirim JNE secara Online

Jika sebelumnya kami menulis tentang cara cek nomor resi JNE yang berguna untuk mengetahui status pengiriman barang atau dokumen, maka kali ini akan diuraikan kembali tentang JNE tsb namun informasi akan khusus membahas cara cek ongkir JNE atau cek ongkos kirim JNE. Informasi tsb akan sangat berguna bagi Anda yang tengah mempertimbangkan biaya atau tarif ongkos kirim termurah yang bisa Anda dapatkan, selain tentunya memperhatikan faktor lain semisal cepat atau tidaknya waktu pengiriman.

Ongkos Kirim JNE


Ongkos kirim atau biasa disingkat dengan ongkir merupakan salah satu jenis pelayanan dari sebuah perusahaan ekspedisi yang cukup diminati oleh para pengguna jasanya, tak terkecuali dengan perusahaan JNE ini. Biaya ongkir JNE tentunya akan berbeda-beda tergantung lokasi si pengirim dan alamat tujuan kiriman barang tsb. Terlebih lagi Indonesia yang memiliki cakupan wilayah yang sangat luas dan terdiri atas pulau-pulau, tentunya membuat harga ongkir JNE (ongkos kirim JNE) semakin bervariasi.

Selain daerah asal pengiriman barang dan alamat tujuan pengiriman, jenis layanan JNE yang dipilih juga berpengaruh. Tarif JNE Yes yang paling mahal, selanjutnya ada JNE Regular (JNE Reg), kemudian JNE Oke yang bertarif paling murah. Selain itu, berat barang atau dokumen yang akan dikirimkan juga menentukan biaya pengiriman JNE.  Paket JNE yang dikirim biasanya dihitung per Kilogram (Kg).

gambar cara cek ongkir JNE

Semakin jauh jarak pengirimannya, maka semakin mahal pula biaya yang perlu dibayarkan, hal ini juga berlaku untuk barang yang memiliki berat lebih banyak. Oleh karena itu, menimbang barang sebelum melakukan pengiriman barang adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dan untuk packagingnya, sebaiknya gunakan benda dengan bobot ringan supaya biaya pengiriman tidak membengkak gara-gara bungkus yang terlalu berat.

Jenis Layanan JNE ; JNE OKE, JNE REG, dan JNE YES

Pada dasarnya, JNE menyediakan banyak layanan yang mungkin Anda pilih, namun berikut ini hanya akan dijelaskan tiga jenis layanan yang paling banyak diminati. Jenis layanan yang pertama adalah OKE. Ini merupakan layanan yang paling umum, hal ini didasarkan pada lamanya jarak tempuh yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman barang. Sebagai contoh, apabila Anda berdomisili di daerah Jakarta dan ingin mengirimkan paket untuk keluarga yang berada di Yogyakarta, maka biaya yang perlu Anda bayarkan berkisar Rp 16.000. 

Itu merupakan biaya perkiraan dan hanya berlaku untuk barang yang memiliki berat maksimal kurang dari 1 kg. Sedangkan apabila Anda ingin mengirimkan barang dengan berat lebih dari 1 kg, maka Anda hanya perlu untuk menggandakan estimasi biayanya. Waktu pengiriman untuk jenis layanan ini kurang lebih memakan waktu 2 hingga 3 hari. Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dengan lebih cepat namun tidak terlampau mahal, maka jenis pelayanan REG dapat menjadi pilihan yang terbaiknya. Untuk rute yang sama biaya yang perlu Anda bayarkan berkisar Rp 18.000. 

Dengan selisih biaya yang hanya Rp 2.000, Anda dapat memangkas waktu pengiriman menjadi 1 atau 2 hari saja. Jenis layanan yang terakhir adalah YES. Layanan ini banyak juga disebut dengan istilah paket kilat karena hanya dalam waktu pengiriman 1 hari saja barang sudah sampai alamat yang dituju. Berdasarkan kelebihan tersebut, maka wajar rasanya jika biaya yang dipatok terbilang cukup tinggi, yaitu Rp 28.000. Estimasi biaya tersebut berlaku untuk rute pengiman barang Jakarta-Yogyakarta.

Cek Ongkir JNE via website www.jne.co.id

Cara cek ongkos kirim JNE bisa dilakukan via online yaitu dengan membuka website resmi mereka di browser favorit Anda.  Tarif ongkir yang bisa dicek mencakup tarif pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. Layanan dari JNE ini tentu sangat berguna terutama bagi para pemilik toko online.

gambar cara cek ongkir JNE 2


Baiklah pertama-tama silahkan Anda kunjungi website resmi JNE untuk cek ongkir disini. Kemudian pada kolom “origin”, ketikkan kota penjual atau alamat asal barang akan dikirim, dan pada kolom “Destination” ketikkan kota pembeli atau alamat tujuan barang dikirim. Selanjutnya lengkapi pula informasi lainnya yaitu total berat paket dalam satuan kilogram. Isi pada kolom weight.
baca juga : cara cek nomor porsi haji

Setelah semua informasi telah diisi dengan benar, segera tekan tombol check. Jangan lupa tulis juga kode keamanan (security code) pada kolom yang tersedia. Ingat jangan salah dalam menulis kode keamanan ini sebab bila salah, proses akan kembali ke awal lagi. Secara otomatis akan muncul informasi berapa tarif/ ongkos kirim yang harus Anda bayar.

Demikianlah informasi cara cek ongkir JNE atau cara cek ongkos kirim JNE. Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan jangan lupa like facebook kami dan halaman google plus kami untuk mendapat update informasi berguna lainnya, terimakasih.