Cek Ongkir Pos Indonesia – Cek Tarif Pos Indonesia dengan Mudah

Bagaimana cara cek ongkir Pos Indonesia? Sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal ikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan di artikel ini. Sebagai perusahaan bidang ekspedisi yang memiliki jaringan kantor pos terluas di Indonesia, tentunya mengetahui cek ongkir Pos Indonesia sangatlah penting. Boleh dikatakan, tidak ada satu kecamatan pun di Indonesia yang tidak memiliki kantor pos sendiri. Berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya yang biasanya hanya memiliki cabang di ibu kota kabupaten saja.

Tarif paket Pos Indonesia atau ongkos kirim pos Indonesia akan berbeda-beda tergantung pada jarak pengiriman barang, berat barang, dan jenis layanan paket pos yang dipilih pelanggan. Adapun untuk kualitas layanan yang disuguhkan PT. Pos Indonesia, Anda tidak perlu khawatir sebab dari segi lama pengiriman barang dan jaminan barang sampai, Pos Indonesia sudah sangat baik dan sesuai harapan pelanggan.

Meskipun yah, masing sering kita temui pegawainya (apalagi yang di tingkat kecamatan) yang suka cemberut. Ada juga yang suka marah. Tapi apapun itu, so far yang saya alami, pos Indonesia ini tetap tepat waktu dalam pengiriman barang. Dan kalo mbak-mbak yang jaga kantor pos di tingkat kabupaten dan provinsi kayaknya udah bagus kok, baik secara marketing maupun service. Btw, kita ini ngomongin apa yah? Hahaha.

Jenis layanan paket pos dari Pos Indonesia

Anyway, sebagai satu-satunya perusahaan negara yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik, Pos Indonesia menyediakan berbagai pilihan paket bagi para pengguna jasanya. Hal ini diperlukan agar kebutuhan dan kemampuan para pengguna jasa tersebut dapat terakomodir secara tepat. Khusus untuk layanan pengiriman barang, terdapat tiga pilihan paket yang bisa dipilih pelanggan. Masing-masing paket tersebut memiliki jangka waktu pengiriman barang dan biaya ongkos kirim yang berbeda. 

gambar cara cek ongkos kirim pos Indonesia


Paket pertama adalah Pos Express Dokumen. Khusus untuk paket ini, jenis barang yang dapat dikirim hanyalah terbatas pada dokumen, misalnya surat. Waktu pengiriman Pos Express Dokumen hanya 1 hari saja. Oleh karena itu, apabila Anda sedang dikejar waktu untuk mengirimkan suatu dokumen dengan jaminan keamanan yang maksimal, maka paket ini dapat menjadi pilihan yang paling tepat. 

Adapun paket selanjutnya yaitu Pos Express Barang. Sesuai dengan namanya, paket ini melayani pengiriman barang dalam waktu yang singkat yaitu 1 hari. Paket Pos Express Barang ini tidak hanya mampu mengantarkan barang Anda secara cepat tapi juga aman. Hal ini dikarenakan adanya jaminan asuransi yang disertakan di setiap pengirimannya. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh paket ini, maka wajar jika biaya pengirimannya sedikit lebih mahal. Biaya pengiriman barang tersebut juga dipengaruhi oleh berat barang dan jarak pengiriman yang akan dilakukan. 

Paket terakhir yang disediakan oleh Pos Indonesia, yaitu Pos Kilat Khusus. Walaupun bernama paket Kilat Khusus, namun waktu pengirimannya dapat mencapai 4 hari. Jika Anda bandingkan dengan kedua paket sebelumnya, maka paket ini dapat dikatakan standar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ongkos kirim dari paket ini lebih murah. Itulah beberapa paket yang bisa Anda pilih jika mengirim barang maupun dokumen melalui Pos Indonesia.

Cara Cek Ongkir Pos Indonesia - Cek Ongkos Kirim Pos Indonesia

gambar cara cek ongkos kirim pos Indonesia 2
tampilan formulir yang harus di isi untuk cek ongkir Pos Indonesia

Cek ongkir Pos Indonesia ini ditempuh secara online yaitu dengan membuka website resmi mereka melalui browser, baik dari hp Anda ataupun komputer yang dilengkapi modem. Jadi Anda harus terhubung ke jaringan internet untuk bisa mengecek ongkir tsb. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka website resmi mereka untuk cek ongkir yaitu disini. Seketika akan muncul formulir isian tentang perhitungan tarif atau ongkir.
baca juga : cara cek ongkir Tiki

Beberapa hal yang harus diisi pada formulir tsb mencakup data kota asal, kota tujuan pengiriman barang, dan berat paket kiriman dalam satuan gram, serta dimensi kiriman dan nilai barang (optional, boleh di isi boleh tidak). Isi data-data tsb pada kolom sesuai yang tersedia. Jangan lupa mengisi kolom kode keamanan sesuai dengan kode yang tertera di layar.

Setelah Anda menginput semua informasi dan kode keamanan dengan benar, segera klik tombol ‘cari tarif’. Maka seketika akan muncul secara otomatis, biaya ongkos kirim yang harus dibayarkan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.

Demikianlah informasi cara cek ongkir Pos Indonesia atau cek ongkos kirim Pos Indonesia. Semoga dapat banyak bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungan Anda di website sederhana kami ini.