Berbagai cara menentukan arah kiblat yang benar ; dengan kompas, arah matahari, dan website online

Bagi muslim, mengetahui arah kiblat sangatlah penting karena ketika Shalat, haruslah mengarah ke kiblat. Cara menentukan arah kiblat yang benar seringkali tidak diketahui oleh orang awam. Sebenarnya, kita bisa melihat arah kiblat dengan menggunakan kompas, bahkan lewat internet. 

Seringkali di rumah, orang merasa ragu apakah kiblat yang dipakai sebagai patokan shalat sehari-hari, sudah benar ataukah belum. Apalagi ketika bepergian, dimana tidak ada petunjuk arah kiblat sama sekali. Lain halnya ketika di rumah sakit, biasanya sudah ada petunjuk arah kiblat yang ditempel di dinding ruangan. 

Kiblat adalah arah yang merujuk pada Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi. Seringkali orang menentukan arah kiblat secara sembarangan. Apalagi ketika akan membangun masjid ataupun musholla, harus diperhatikan betul, apakah arah kiblat sudah benar atau belum. Banyak orang yang bertahun-tahun shalat nya menghadap ke arah yang salah. Padalah perbedaan 1 sentimeter saja bisa berarti 100 kilometer penyimpangan jaraknya. Disinilah sebagai umat muslim, harus tahu ilmunya, bagaimana cara menentukan arah kiblat yang benar.

Cara menentukan arah kiblat di rumah

Cara menentukan arah kiblat secara manual bisa dilakukan dirumah, baik itu dengan melihat arah matahari, ataupun supaya lebih akurat lagi adalah dengan memakai kompas.

Cara menentukan arah kiblat lewat internet/ secara online

Dengan kecanggihan dunia komunikasi, kita dapat memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, termasuk untuk menentukan arah kiblat. Terdapat berbagai aplikasi yang dapat di instal di handphone, baik hp android, iphone, dsb. Bisa juga melalui website online yang khusus menunjukkan arah kiblat. Beberapa website yang bisa dimanfaatkan misalnya ;


Cara menentukan arah kiblat dengan kompas

Harga kompas saat ini sangat murah, berkisar 20 – 50 ribu rupiah. Memang, kompas yang digunakan para profesional harganya jutaan rupiah, namun untuk sekedar melihat arah kiblat kita tidak memerlukan kompas tsb. Biasanya ujung jarum kompas yang menunjuk ke arah utara ditandai dengan warna merah. Berikut ini contoh gambar kompas ;
gambar cara menentukan arah kiblat

Keterangan
Utara/ North: 0 derajat, atau 360 derajat
Timur/ East : 90 derajat
Selatan/ South : 180 derajat
Barat/ West : 270 derajat

Arah kiblat untuk kota-kota di Indonesia sbb ;

Banda Aceh : 292 derajat
Medan : 292 derajat
Padang : 294 derajat
Palembang : 295 derajat
Semarang : 295 derajat
Jogja : 295 derajat
Surabaya : 294 derajat
Madiun : 294 derajat
Kediri : 294 derajat
Cirebon : 295 derajat
Jakarta : 295 derajat
Bogor : 295 derajat
Bandung : 295 derajat
Samarinda : 292 derajat
Balikpapan : 292 derajat
Pontianak : 293 derajat
Menado : 291 derajat
Palu : 292 derajat
Makasar : 292 derajat
Jayapura : 291 derajat

Cara mementukan arah kiblat dengan GPS

Dari Jakarta, Indonesia, arah kiblat berada di 295,15 derajat dari arah utara menuju barat laut. Koordinat geografis pasti dari Ka’bah adalah 21°25′21.15″Lintang Utara 39°49′34.1″Bujur Timur.

Cara menentukan arah kiblat dengan matahari.

Kebanyakan orang berpendapat, untuk menentukan arah kiblat, cukup dengan menghadap ke arah matahari terbenam (barat) sebab ka’bah ada di sebelah barat Indonesia. Padahal sejatinya, anggapan tsb salah besar.

gambar cara menentukan arah kiblat 2

Dengan menggunakan matahari kita bisa menentukan arah barat secara sederhana. Matahari terbit dari sebelah timur, terbenam di sebelah barat. Namun, cara ini tidak akurat karena matahari terbit tepat di Timur hanya terjadi 2 kali dalam 1 tahun yaitu terjadi pada bulan Maret dan bulan September. Selebihnya matahari terbit tidak benar-berar tepat di arah Timur. Jadi jika kita menentukan arah kiblat seutuhnya lewat arah matahari, tentu ini menjadi kesalahan fatal.

Arah kiblat Indonesia bukanlah ke barat. Sebab barat dari negara Indonesia adalah negara-negara di benua afrika. Sedangkan mekkah ada di benua Asia. Jadi, lebih tepatnya mekkah berada di barat laut

Demikianlah informasi cara menentukan arah kiblat yang benar. Semoga dapat bermanfaat.