Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat

Sakit gigi memang nggak ketulungan. Apalagi kalau sampai gusi membengkak. Hanya orang yang pernah sakit gigi yang bisa mengerti. Mungkin, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, hehe..Makanya, benar kata mutiara dalam dunia medis, bahwa mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati.

Sakit gigi tidak terjadi dalam hitungan hari. Ia ada karena kebiasaan yang salah selama bertahun-tahun. Apa yang kita makan dan minum tiap hari bisa mengundang bakteri yang menggerogoti gigi sehingga lama kelamaan gigi terkikis dan berlubang.

Jika sudah parah, email gigi menipis dan dengan mudahnya menyerang syaraf yang ada pada gigi sehingga gigi terasa cenat cenut.
gambar bagian-bagian gigi
bagian-bagian gigi

Bakteri  yang menyerang gigi  dapat  melakukan  reaksi  fermentasi  dan menghasilkan  asam  laktat. Asam  Laktat dapat  mengikis  email  gigi  (bukan email untuk menulis surat elektronik ya! hehe) hingga  menjadi  tipis.  Ketika email gigi tipis, gigi  akan mudah sakit  karena  lapisan  enamel  hilang  meluruh  hingga tersisa detin atau syaraf gusi.

Untuk itu, kita dapat mencegah datangnya sakit gigi dengan berbagai cara. Mulai dari rajin menggosok gigi tiap habis makan dan sebelum tidur, tidak banyak makan/ minum yang manis-manis, gosok gigi dengan cara yang benar, menghentikan kebiasaan merokok, memeriksakan kesehatan gigi setahun sekali, dll.

Namun jika seandainya Anda sudah terlanjur mengalami yang namanya jatuh cinta sakit gigi, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda menyembuhkan sakit gigi yang Anda alami. 
Beberapa masalah gigi yang sering dihadapi, yaitu plak gigi, bakteri pada gigi, gusi berdarah, gusi bengkak, infeksi pada gigi, gigi berlubang.

Plak  adalah  timbunan  sisa­sisa  makanan  yang menempel  dan  telah  mengering  pada  gigi. Jika dibiarkan, plak akan berubah warna menjadi kuning, coklat, dan lama kelamaan  menjadi hitam  dan mengakibatkan keropos  pada  gigi.  Cara menghilangkan  plak salah satunya dengan berkumur pakai  obat kumur (misalnya merk Li*teri*e, atau berkumur dengan bahan-bahan alami). Berkumur lah dengan obat kumur secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

gambar gigi bagus
Senyuman, akan terasa indah dgn gigi yang rapi

Cara Menghilangkan Sakit gigi

Sebenarnya, sakit gigi merupakan suatu peradangan yang terjadi pada pulpa gusi yang didalamnya terdapat pembuluh darah dan serabut saraf. Gigi yang kuat pada akhirnya akan rusak dan berlubang sehingga tidak lagi dapat maksimal melindungi pupla gusi yang ada. Penyebab gigi berlubang atau gigi sensitif antara lain karena tidak pandainya seseorang dalam menjaga kesehatan gigi.

Dan berikut ini, beberapa cara mengobati sakit gigi yang cukup mudah dilakukan ; 
1. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, sebab bakteri yang ada didalam mulut akan cepat berkembang pada makanan manis. Misalnya mengunyah permen, minum teh atau kopi manis, kue, apalagi coklat. Makanan/ minuman manis mengandung gula. Gula inilah yang kemudian dirubah oleh bakteri menjadi asam laktat, dan dapat merusak gigi.

2. Berkumur dengan garam yang dilarutkan dengan air hangat. Caranya cukup mudah, Ambil garam secukupnya dan masukkan ke dalam cangkir/ gelas. Lalu tambahkan sedikit air hangat kedalam cangkir, aduk garam sampai larut di dalam air hangat tadi. Tunggu air hangat menjadi lebih dingin supaya gigi tidak terlalu ngilu saat Anda berkumur menggunakan larutan air garam tsb.

3. Pasta Gigi (Odol). 
Sakit gigi akibat gigi sensitif disebabkan oleh email gigi yang terkikis sehingga bagian dalam gigi tidak lagi terlindungi dari sifat asam makanan. Cara mengatasi gigi sensitif dapat dilakukan dengan menggosokkan pasta gigi khusus gigi sensitif yang mengandung fluoride, berfungsi untuk mengganti mineral email yang hilang. Kami rekomendasikan pasta gigi merk *ensody*e. Jika Anda praktikkan cara ini maka, menurut pengalaman saya pribadi, sakit gigi Anda akan hilang dengan cepat.

Bisa juga dengan cara ambil sedikit odol khusus gigi sensitif dan yang bisa mengatasi plak gigi, lalu oleskan ke gigi berlubang yang sakit. Biasanya akan teras sejuk pada gigi yang sakit tsb dan rasa sakitnya berkurang. 

4. Gunakan air hangat untuk mengatasi peradangan dari syaraf sekitar gigi. Jangan gunakan es batu seperti tutorial yang salah dari website lain. Sebab jika menggunakan es batu atau air dingin, dapat dipastikan sakit gigi Anda malah bertambah hebat.

Arr hangat tadi masukkan ke botol atau cangkir gelas yang biasa Anda pakai. Lalu tekan sedikit gelas berisi air hangat tsb ke bagian pipi dan urat syaraf yang terasa membengkak karena peradangan. Insya Allah denyut-denyut yang terasa akan cepat hilang.

5. Minum air putih untuk memancing air liur keluar dari kelenjarnya. Air liur mengandung mineral yang dapat menguatkan gigi. Selain itu, pada mulut yang kering, bakteri akan lebih mudah berkembang biak.

6. Bawang Putih. Bawang putih cukup mudah ditemukan. Hampir di setiap rumah ada bawang putih karena itu cara ini sangat mudah diterapkan. Ambil cukup satu siung bawang putih. Kupas kulit luarnya lalu tumbuk halus. Kamudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Penggunaan bawang putih sangatlah aman sebab berasal dari bahan alami, tanpa efek samping. Sejak dulu, bawang putih memang dikenal sebagai obat sakit gigi tradisional.

7. Tusuk Gigi. Anda tidak sedang salah baca. Ya, tusuk gigi sangat berguna untuk mencongkel membuang sisa makanan (seperti nasi, sayur, daging ayam, dll) yang tersempal pada gigi berlubang.

8. Daun Sirih.
Kenapa ya orang zaman dulu sering mengunyah kapur dan sirih? Ternyata bukan sekedar buat gaya-gayaan. Kapur dan sirih berkhasiat juga untuk meredakan sakit gigi. Cukup kunyah atau gigit kapur sirih pada bagian gigi yang terasa sakit.

kapur sirih untuk obat sakit gigi

Selain dikunyah, air rebusan daun sirih juga manjur dijadikan obat kumur.Ambil sekitar 10 helai daun sirih yang sudah tua kemudain rebus dengan air 4-6 gelas, tunggu hingga mendidih. 

9. Antiseptic dan Antibiotic. Gigi Anda terkikis dan mengalami peradangan karena adanya bakteri. Karena itu, dengan bantuan antiseptik dan antibiotik, bakteri yang merusak gigi dapat dihambat pertumbuhannya, dikurangi, bahkan dimusnahkan sehingga sakit gigi pun hilang.

Untuk Ampuhnya, Anda bisa meminta resep dokter atau beli sendiri di apotik. Bisa juga dengan membeli obat kumur yang dapat dibeli dengan mudah di mini market.

Tapi jika Anda ingin cara yang alami, berikut beberapa bahan alami yang mengandung antibiotik dan antiseptik yang bisa Anda manfaatkan ; garam, daun sirih, bawang putih, jeruk nipis, dan bawang merah. Bahan-bahan alami tsb bisa Anda tumbuk dan langsung di oleskan di gigi yang sakit, atau di ambil air perasannya untuk digunakan berkumur.

10. Tambal Gigi atau Cabut Gigi. 
Pengalaman pribadi saya, saya bahkan menambahkan air pada nasi yang akan saya makan, untuk membuat nasi jadi lebih lembut sehingga tidak akan terlalu sakit ketika mengenai saraf gigi.

Memang seharusnya gigi saya tsb di tambal saja atau bahkan di copot. Tapi tentu perlu biaya tambahan. Biasanya, biaya tambal gigi berkisar antara 100 – 350 ribu per gigi. Murah atau mahalnya tambal gigi tergantung pada bahan tambalannya dan tempat dimana Anda menambal gigi. Apakah di Puskesmas, di Rumah sakit, ataukah di tempat praktek dokter spesialis.

Jika saya memilih mencabut gigi tsb, yang terjadi akan lebih rumit lagi. Sebab pada kasus saya, gigi yang sakit adalah gigi geraham. Dokter biasanya akan menerapkan bius lokal di area sekitar gigi geraham yang hendak dicabut. Kerumitan cabut gigi geraham tsb bisa beragam, ada yang memakan waktu hitungan menit bahkan ada yang sampai hitungan jam. 

Memang, antara gigi taring dan geraham, mencabut gigi geraham akan lebih rumit daripada mencabut gigi taring.

Setelah gigi geraham berhasil dicabut, penderitaan belum berakhir sebab si pasien akan merasakan nyeri dan bengkak gusi disekitar mulut selama beberapa hari atau bahkan hingga dua minggu.

Pembaca sekalian, seperti yang saya kemukakan di awal. Mencegah lebih baik daripada mengobati.  Karena itulah, rajinlah merawat gigi. Sayangilah gigi yang Anda punya. Jangan sampai jadi kakek yang gigi nya tinggal dua. Haha....

Oh ya, meskipun sakit gigi, jangan malas-malasan makan ya! Sebab tubuh tetap memerlukan makanan untuk mengganti sel-sel atau bagian tubuh yang rusak. Akhirnya, Bagi Anda yang sedang sakit gigi, semoga sakit gigi yang Anda alami sepat sembuh. Aamiin.

0 Response to "Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat"

Post a Comment