Panduan Praktis Cara Menanam Bunga Anggrek Secara Mudah

Bunga menjadi salah satu tanaman hias utama dalam mempercantik rumah atau taman. Bunga yang indah dan terawat mencerminkan kepribadian pemiliknya yang bersih, teratur, dan menyukai keindahan. Salah satu jenis bunga populer di Indonesia adalah bunga anggrek. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh mulai dari ketinggian 0 - 5.000 meter di atas permukaan air laut, artinya bisa hidup baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Anggrek bahkan ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia. Anggrek mendapat julukan puspa pesona karena keindahannya.

cara menanam anggrek 1
Keindahan Bunga Anggrek

Yuk mari kita mengenal bunga anggrek!

Nama Latin (Nama Ilmiah) Bunga Anggrek

Menurut bahasa, nama latin Anggrek yakni Phalaenopsis.  Phalaenopsis berasal dari bahasa Yunani, Plaenos berarti “kupu” dan opsis berarti “melihat”. Dalam taksonomi tumbuhan, menurut Cronguis (1981) dan Sukardi (1991), klasifikasi anggrek adalah :
Divisio             : Magnoliopthyta 
Kelas              : Liliopsida 
Ordo               : Orchidales 
Famili             : Orchidaceae      
Sub famili       : Orchidoide 
Genus             : Phalaenopsis = Anggrek
Species          : Phalaenopsis amabilis (L)  = Anggrek Bulan

Ada banyak jenis bunga anggrek di Indonesia, antara lain ada anggrek tanah, anggrek hitam, anggrek tebu, anggrek kuning, anggrek sandal, anggrek vanda, dan anggrek bulan. Masing-masing jenis bunga angggrek punya keunggulannya masing-masing.

Jenis jenis Bunga Anggrek 

Di Indonesia, Anggrek sangatlah populer. Bunga yang aslinya hidup menempel pada tanaman lain ini memang banyak disukai dan dijual pada berbagai jenis atau macam.

Khusus Indonesia, negara ini menjadi tempat hidup sekitar 3500 spesies anggrek, yang merupakan hasil perkembangbiakan alami ataupun dari perkawinan silang. Bayangkan, dengan jenis sebanyak itu tentu para pecinta bunga akan kesulitan dalam memilih mana bunga anggrek terbaik yang patut dipilih.

Jenis Bunga Anggrek terpopuler di Indonesia

Sepanjang yang kami tahu, jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah anggrek Dendrobium. Alasannya karena Dendrobium harganya masih terjangkau oleh masyarakat luas, macam warna nya banyak, dan perawatannya relatif mudah.

cara menanam anggrek 2
Dendrobium


Epiphyt dan Terrestris

Berdasarkan media tanamnya, anggrek biasanya dibedakan menjadi anggrek epiphyt dan anggrek Terrestris.

Anggrek Ephiphyt adalah jenis bunga anggrek yang hidup dengan cara menempel pada pohon atau tanaman lain. Sedangkan Anggrek Terrestris adalah jenis bunga anggrek yang media tanam nya (hidup) di tanah.

Ada pula sering kita temui istilah anggrek liar, yaitu jenis anggrek yang hidup tanpa dibudidayakan tapi hidup secara alami di semak-semak atau pepohonan.

cara menanam anggrek 3
Anggrek Epifit (menempel di pohon)


Macam-Macam Anggrek berdasarkan kebutuhannya akan sinar Matahari

Jenis pertama, tanaman anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung yaitu anggrek Vanda, anggrek Arachnis  dan anggrek Renanthera. Jenis kedua adalah jenis anggrek yang bisa tumbuh di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung yaitu anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, dan anggrek Cattleya. Jenis tanaman anggrek yang tidak suka terkena sinar matahari harus ditempatkan di tempat teduh. Bagi Anda yang mempunyai halaman rumah yang teduh, sebaiknya Anda menanam jenis Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis.

Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek.  

Pilihan cara mendapat bibit bunga anggrek

Ada dua cara yang bisa kita pilih. Pertama mengambil bibit bunga anggrek yang masih dalam bentuk biji, atau membeli/ mengambil bunga anggrek bulan yang masih kecil (anakan), biasanya di kenal dengan istilah seedlings.

Menanam bunga anggrek dari sejak berbentuk biji ataupun anakan tentu bisa menghemat pengeluaran dalam membeli anggrek sebab harga bunga anggrek yang sudah berbunga ataupun siap berbunga terbilang cukup mahal. Hanya saja membeli anggrek yang masih kecil berarti butuh perawatan ekstra yang terkadang orang ingin yang praktis saja.

Bibit Anggrek dari Biji 

cara menanam anggrek 4
biji anggrek

Untuk bibit yang berupa biji, tentunya harus disemai dulu. Kalau menyemai biji anggrek, tidak bisa menggunakan cara biasa. Tidak bisa menggunakan tanah sebagai media  semai karena biji anggrek tidak mempunyai lembaga atau cadangan makanan  sehingga media semai harus mengandung unsur hara yang bisa segera digunakan biji anggrek.

Bibit Anggrek biasanya di semai pada botol bening. Kemudian di dalam botol kita siapkan media semai sbb :

a. Media semai 1
- Minyak ikan 1,5 sendok teh
- Pepton 1 sendok teh
- Gula pasir 5,5 gram
- Agar‑agar 15 gram
- Air bersih 1000 cc

b. Median semai 2
-  Air tomat segar 10 gram
-  Air kelapa 1000 cc
- Agar‑agar 15 gram
Anda dapat memilih media semai 1 atau 2.

Bibit Anggrek Anakan

cara menanam anggrek 5
Anggrek Botolan

Harga bibit anggrek yang masih kecil bervariasi. Saran saya, pilihlah anakan bunga anggrek yang sudah berumur 1 tahun, serta memiliki daun dan akar sebab akan memperbesar tingkat keberhasilan budidaya anggrek tsb.

Ciri anakan angggrek berusia 1 tahu biasanya memiliki daun 1 cm dan sudah muncul 2- 3 helai akar.
Bila Anda membeli bibit anggrek botolan maka bibit dikeluarkan dari botol dengan menggunakan kawat yang ujungnya dibengkokkan.

Media tanam bunga Anggrek

Kita dapat menanam anggrek bulan pada pot ataupun pada tray . Kelebihan menggunakan tray adalah mudah dipindah-dipindah jadi apabila kita menginginkan anggrek bulan tsb mendapat sinar matahari pagi maka tinggal dipindahkan ke lapangan terbuka misalnya. Sedangkan kelebihan menggunakan media tanam berupa pot adalah nutrisi yang diserap akar bisa lebih banyak sebab tanah pada pot jumlah nya biasanya lebih banyak dibanding tray.

Syarat ketinggian tempat 

Anggrek dapat tumbuh pada tempat yang berada pada ketinggian 0 – 5000 meter diatas permukaan air laut.

Anggrek yang cocok hidup di dataran rendah (0 – 300 m diatas permukaan laut) misalnya Acampe praemorsa, Pholidota imbricata, Cymbidium aloifolium, dan Vanda roxburghii.

Sedangkan bunga anggrek yang bisa hidup baik di dataran tinggi antara lain : Bulbophyillum retusiusculum, Habenaria cumminsiana, Nervilia  macroglossa,  Pleione maculate, dan Herminium longilobatum,

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Panduan Praktis Cara Menanam Bunga Anggrek Secara Mudah"

Post a Comment