3 Cara Buat Lontong Daun Pisang Anti Gagal menggunakan Cetakan

Lontong merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Apalagi saat puasa ramadhan, terutama lebaran idul fitri dan idul adha, Lontong menjadi salah satu makanan favorit. Menu kuliner ini bisa melengkapi sajian pempek palembang yang melegendaris. Wah, pokoknya maknyus deh kalau hidangan-hidangan lezat ini tersaji di depan kita.

Bagi para ibu rumah tangga ataupun istri-istri solehah, memanjakan suami dan keluarga dengan masakan yang satu ini, bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Melihat tawa dan senyum suami dan anak-anak, rasanya jerih payah yang keluar mulai dari menyediakan peralatan untuk memasak hingga ketika proses memasak, hilang seketika.

gambar cara lontong daun pisang


Cara buat lontong juga akan sangat bermanfaat bagi warung-warung makan atau mereka yang sedang membuka usaha kuliner. Beberapa kuliner yang juga menggunakan lontong misalnya : sate, ketupat, opor ayam, dan soto.

So, tutorial kali ini akan sangat berguna....

Banyak juga yang belum tahu bagaimana cara membuat lontong. Padahal........sangatlah mudah.

Berikut ini tutorial yang akan kami berikan tentang bagaimana cara Buat Lontong Daun Pisang Anti Gagal menggunakan Cetakan. Silahkan disimak!

Bahan-Bahan & Perlengkapan

1. 2 Kg Beras. 

gambar beras untuk cara buat lontong

Lontong sebenarnya berbahan dasar beras. Makanan pokok Indonesia ini memang menjadi wajib disediakan untuk membuat lontong. Cuci bersih beras tsb sebelum di gunakan lalu letakkan di dalam wadah yang bersih. Tiriskan sampai benar-benar kering.

2. Air.

Air ini digunakan saat proses merebus. Banyaknya air secukupnya saja.

3. Daun Pisang.

Daun pisang digunakan untuk membentuk lontong dengan rapi . 

Ambil daun pisang lebar-lebar supaya dapat membuat lontong yang panjang, kira-kira 15 – 20 cm. 
Lepaskan dari pelepah pisang nya atau Anda dapat membeli di pasar. Biasanya ada penjual di pasar yang menjual daun pisang ini.

Kemudian cuci bolak balik daun pisang dengan air mengalir supaya bersih dari kuman dan higienis. Setelah bersih, jemur hingga kering.

Anda tidak perlu menyiapkan lidi untuk menutup ujung daun pisang  karena kita akan gunakan cetakan lontong stainless yang sudah ada penutupnya sendiri. 

4. Cetakan lontong stainless.

/cara buat lontong cetakan lontong

Ada berbagai cetakan yang bisa digunakan. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Yang gratis misalnya bambu (buluh). Kelemahan menggunakan buluh adalah terlalu repot untuk mengambilnya secara langsung di alam, dan juga repot dalam penggunaan nya.

Cara terbaik adalah menggunakan cetakan lontong berbahan besi stainless. Dengan bahan stainless tsb tentunya anti karat dan dapat dipakai berkali-kali hingga bertahun-tahun lamanya. Setelah digunakan Anda dapat menyimpan rapi cetakan lontong stainless ini di lemari dapur
.
Anda bisa cek harga dan pesan cetakan lontong stainless disini.

3 Langkah cara membuat lontong daun pisang menggunakan cetakan. Anti gagal!!

Pertama, ambil selembar daun lalu gulung didalam cetakan. Lakukan sampai daun pisang habis atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kedua, masukkan beras kedalam cetakan lontong dengan menggunakan sendok. Isi hingga cetakan terendam penuh. Lakukan sampai beras 2 Kg habis atau sesuai kebutuhan.

Ketiga, rebus ke dalam dandang, atau, Anda juga bisa gunakan presto atau magic com. Isi dandang/presto/magic com dengan air secukupnya hingga cetakan terendam seutuhnya. Lama waktu merebus kira-kira 5 jam kalau pake dandang. Kalau pake presto kira-kira sekitar 3 jam-an.

Letakkan lontong dengan posisi datar/ tidur saat merebus atau bisa juga dalam posisi berdiri. Setelah masak, segera tiriskan. Letakkan di piring atau nampan. 

Selesai! Lontong sudah siap disajikan untuk makanan keluarga tercinta.

Anda juga bisa lihat video tutorial kami di bawah ini supaya lebih jelas dalam memahami cara membuat lontong daun pisang dengan menggunakan cetakan lontong.

Selamat mencoba bunda !!!

0 Response to "3 Cara Buat Lontong Daun Pisang Anti Gagal menggunakan Cetakan"

Post a Comment